Wahai Para Isteri, Semarah Apa Pun Kamu Jangan Sampai Mengatakan 3 Kalimat Ini Pada Suamimu

Yang namanya wanita biasanya sangat sensitif dan mudah ngambek begitu terjadi sesuatu yang tidak disenangi.

Akan tetapi wahai muslimah, wahai para istri shalihah, se-ngambek apapun dirimu, jangan sampai mengucapkan hal-hal ini pada suami, karena bisa menjadikan diri kita termasuk istri yang kufur terhadap suami:

Gambar Sekadar Hiasan

 

1. “Kamu Tak Pernah Berbuat Baik Padaku Sama Sekali”
Benarkah pernyataan ini? Padahal mungkin suami kita sudah berhempas pulas bekerja mencari nafkah untuk isteri dan anak, hanya karena satu kesalahan yang tidak kita sukai, pantaskah jika kita menyebutkan kalimat tersebut?

2. “Apa Sih Bagusnya Kamu? Tidak Ada!”
Seburuk-buruknya manusia pasti punya kebaikan, pasti ada hal yang bagus dari dirinya, maka jangan sampai kita mengucapkan hal seperti ini.

3. “Aku Tak Pernah Bahagia Bersamamu”
Faktanya, bahagia atau tidaknya diri kita bukanlah tergantung orang lain, melainkan tergantung keputusan kita sendiri. Maka tak patut kita mengucapkan hal ini pada suami, karena bisa menyakiti perasaan suami.

Tahukah bahwa Rasulullah menyatakan banyak wanita masuk neraka karena perkataan-perkataan sejenis itu?

Suatu ketika terjadi gerhana matahari pada zaman Nabi SAW. Baginda lalu melaksanakan solat gerhana bersama para sahabatnya. Nabi SAW berdiri sangat lama seperti membaca surah al-Baqarah. Baginda lalu rukuk dengan lama. Lalu bangkit berdiri semula, lalu rukuk lagi, lalu sujud.

Pada rakaat kedua, Baginda kembali berdiri dengan lama, namun tidak selama rakaat pertama. Baginda lalu rukuk, lalu berdiri lagi, lalu rukuk, kemudian sujud. Nabi SAW selesai daripada solatnya apabila gerhana itu telah berlalu.

Selesai solat, Rasulullah SAW bersabda, “Diperlihatkan kepadaku Neraka sebentar tadi. Tidak pernah aku melihat pemandangan yang sangat mengerikan seperti hari ini. Aku melihat kebanyakan ahlinya adalah perempuan.”

Para sahabat bertanya, “Apakah sebabnya, wahai Rasulullah?”

“Sebabnya adalah kekufuran mereka, ” jawab Nabi SAW.

Mereka bertanya lagi, “Apakah mereka kufur kepada Allah SWT?”

Baginda bersabda, “Mereka kufur (tidak berterima kasih) kepada suami, suka melupakan kebaikan. Andai engkau memperlakukan salah seorang daripada mereka dengan baik seumur hidupmu, lalu ia melihat sesuatu (yang dibenci) darimu, maka ia akan berkata, aku tidak pernah melihat kebaikan sedikitpun daripadamu.” [Riwayat al-Bukhari, kitab al-Kusuf no. 1052.]

Oleh sebab itu, semoga tulisan singkat ini menjadi pengingat para isteri agar tidak sembarangan dalam mengucap sesuatu pada suaminya sekalipun ngambek.

Wallaahualam.

Kongsikan Artikel Ini

Nabi Muhammad s.a.w berpesan, “sampaikanlah dariku walau satu ayat” dan “setiap kebaikan adalah sedekah.” Apabila anda kongsikan artikel ini, ia juga adalah sebahagian dari dakwah dan sedekah. Insyallah ramai yang akan mendapat manafaat.